Logo
(021) 29459577, 0811802540, 081283140040 , 081282070763

Generator Bekas VS Generator Baru, mana pilihan yang tepat bagi anda?

Terdapat berbagai macam generator baru dan bekas untuk masyarakat sekarang ini, siklus pembelian seringkali dimulai dengan mengenal kebutuhan akan jenis generator yang dibutuhkan (misalnya, untuk menyalakan alat berat, untuk cadangan saat tertentu, untuk pemasok listrik utama dan tetap dan lain-lain) lalu kita dapat melakukan penyelidikan dan analisa untuk menentukan kebutuhan dan spesifikasi Generator yang dibutuhkan. Setelah itu anda akan dihadapkan pada situasi untuk menentukan keputusan penting apakah anda akan menggunakan Generator baru atau bekas, agar anda dapat membuat keputusan yang tepat, ada beberapa factor penting yang perlu diperhatikan, dimana sebagian besar dapat anda baca pada artikel ini.


Generator Baru

Seperti halnya membeli sebuah mobil, salah satu alasan mengapa orang membeli Generator baru adalah karena mereka mendapatkan garansi resmi dari produsen langsung, jangka waktu dan kondisi garansi sangat bervariatif tetapi biasanya sekitar 1-2 tahun, Tergantung tujuan penggunaan dari generator. Dan juga seperti halnya membeli mobil, garansi tidak datang tanpa tambahan biaya. Tergantung dari ukuran, merek dan produsen, biasanya stok barang dan sparepart terbatas sehingga seringkali harus menunggu lama, dalam hal ini anda sudah harus mempertimbangkan mengenai waktu tunggu yang lama tersebut, terutama bagi generator berukuran besar. Untuk perusahaan yang bersedia menunggu lama dan mementingkan keamanan garansi boleh mengambil keputusan untuk membeli generator baru, seperti halnya membeli alat-alat berat lainnya, tentu saja anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap keputusan yang akan anda ambil.


Generator Bekas

Karena generator bekas seringkali tidak disertai garansi, maka dengan beberapa alasan sangat menguntungkan jika anda membeli genset yang telah dirakit ulang atau genset listrik bekas, salah satunya adalah karena generator bekas yang jarang dipakai dijual dengan harga yang sangat menarik dan sangat jauh dibawah harga sebuah generator baru, anda dapat menghemat hingga 50% bahkan lebih dengan memilih generator bekas jarang pakai daripada membeli sebuah generator baru. Salah satu alasan tepat untuk membeli generator bekas adalah karena generator selalu tersedia di pasar dan dapat langsung dibeli serta langsung dipasang, anda tidak perlu menunggu akibat keterbatasan stok dan keterlambatan produksi. Dalam hal membeli generator bekas anda hanya perlu membeli, dan langsung di kirim dan langsung dipasang. Seringkali penjual malah sudah tidak membebankan biaya pengiriman kepada anda. Dan juga karena sebagian besar produsen bermerek sangat memperhatikan kualitas dari produknya, maka resiko menjadi semakin kecil. Generator listrik biasanya digunakan pada saat kapan saja dibutuhkan, seperti fungsi utamanya yaitu menolong anda saat anda benar-benar membutuhkannya. Tergantung dari umur generatornya, beberapa dari generator bekas masih mempunyai garansi, paling minimal garansi dari penjualnya. Jika memungkinkan usahakan membeli generator bekas yang dahulu dipakai hanya sebagai cadangan saja, generator bekas biasanya dipakai hanya jika generator utama rusak. Dan tentu saja generator seperti ini biasanya masih mempunyai kondisi yang baik dan tidak terlalu memerlukan perawatan untuk waktu lama.

Satu-satunya kekurangan dalam membeli generator bekas adalah bahwa generator tersebut bekas milik orang lain dan telah pernah dipakai oleh orang lain. Untuk itu anda harus mendapatkan informasi mengenai generator bekas tersebut dari penjualnya, yaitu tentang penggunaan terdahulunya, sejarahnya, dan tentu saja kondisi generator dan mesinnya saat sekarang ini. Hal ini juga merupakan alasan mengapa anda perlu membeli generator bekas dari perusahaan yang sudah professional dan terpercaya yang telah mempunya infrastruktur kuat juga mempunyai tenaga-tenaga ahli yang dapat membantu memeriksa kondisi generator, memperbaiki dan bahkan merakit ulang sebuah generator industry besar. Sebagian besar penjual yang terpercaya akan menguji generator bekasnya dengan beberapa muatan, tetapi sebagian besar penjual kecil dan perorangan tidak mempunyai cukup peralatan untuk melakukan pengujian pada mesinnya. Pengujian dan perbaikan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Banyak hasil pengujian diberikan dalam sebuah bukti tertulis mengenai setiap kondisi fungsi pada generator. Generator bekas yang mempunyai jam kerja rendah yang berukuran antara 35kW – 2mW biasanya selalu tersedia. Jam kerja rendah berarti bahwa generator hanya dipakai pada waktu-waktu tertentu saja dan tidak dalam jangka waktu yang panjang. Harga biasanya sangat bervariasi tergantung dari kW, jam kerja, produsen, KVA, dan lain-lain. Berkisar antara $16,000 sampai dengan $800,000 bahkan lebih.

Kelebihan Generator

Kelebihan generator pada dasarnya adalah mesin-mesin baru yang sudah disimpan lama, atau juga kelebihan komponen pada mesin yang sudah dibeli dan tidak pernah dipakai, kelebihan komponen ini biasanya di jual oleh perusahaan perorangan, lelang, distributor, pedagang, dan bahkan militer. Perusahaan biasanya menjual kelebihan generator untuk mencairkannya menjadi dana tunai. Misalnya, sebuah perusahaan memborong 15 unit generator 200kW, sedangkan yang dibutuhkan hanyalah 10 unit generator, tentu saja kelebihan 5 unit akan dijual karena mereka tidak memerlukannya lagi. Jika anda bisa mendapatkan kelebihan generator tersebut dengan harga yang terbaik maka itu adalah pembelian yang terbaik yang harus anda lakukan. Satu-satunya kekurangan dari membeli kelebihan generator tersebut adalah jika harga jual hanya sedikit lebih rendah dibandingkan dengan harga barunya, dan jika masalah anda terletak pada nilai uangnya maka anda bahkan dapat menghemat uang anda lebih lagi dengan membeli generator bekas yang jam kerjanya rendah.

“Generator Ends”

“generator ends” adalah petunjuk untuk menentukan kelancaran voltase dari sebuah generator, pada dasarnya itu adalah titik penting dari sebuah generator, “the ends” mempunyai peranan penting dalam masalah voltase, keefektifan dari “generator ends” menjadi hal yang sangat penting pada setiap peralatan elektronik yang dipakai. Seperti halnya computer, menggunakan “generator ends” tersedia pada setiap spesifikasi. Dan seperti biasa, anda dapat menghemat uang anda dengan membeli “generator ends” bekas daripada baru. Sebagai petunjuk, mesin diesel dan “generator end” biasanya disebut sebagai “generator set”.

Berikut adalah pilihan yang dapat dipertimbangkan ketika akan membeli mesin industry atau generator yaitu merakit ulang mesin diesel. Merakit ulang biasanya melewati proses yang ketat dan diperlukan ketelitian tinggi untuk memproduksi sebuah mesin baru dan hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk anda menghemat uang anda dalam mendapatkan sebuah mesin diesel. Berikut adalah keterangan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merakit ulang sebuah mesin diesel:

Rakit Ulang Mesin Diesel

Ketika membangun sebuah mesin, inti mesin dalam keadan terpecah dan semua bagian di bersihkan di dalam cairan kimia. Bagian-bagian dari mesin kemudian dikirim untuk di coba dan diinspeksi serta di rakit. Seluruh prosedur yang dilakukan dalam keadaan terinci.Blok silinder juga di periksa untuk melihat keretakan pada permukaannya. Lubang silinder juga di cek dan dilakukan perbaikan bila diperlukan. Jalur air pada blok silinder juga di uji untuk tekanannya. Krukas kemudian diukur dan di poles sesuai dengan standar industri.Batang penggerak juga di cek dan di rakit ulang. Pompa air dan pompa bahan bakar dirakit ulang dengan menggunakan bearing dan segel yang baru. Bagian-bagian yang lain juga di rakit ulang sesuai dengan standard dan spesifikasi industry yang ketat. Untuk penggunaan awal pompa bahan bakar diuji.Mesin di rakit ulang dengan menggunakan bearing, paking, segel dan sejumlah bahan-bahan lain. Mesin yang telah selesai di uji dalam beban yang bervariasi dengan dynamometer. Tenaga yang dihasilkan, rpm, tekanan oli, tekanan bak mesin dan tekanan kotak udara di catat bersamaan dengan spesifikasi mesin dan dibantu dengan laporan inspeksi. Mesin kemudian di lindungi dengan anti karat dan pelindung cuaca dengan lapisan dioksida atau cat email.Perawatan secara menyeluruh dilakukan untuk memastikan bahwa mesin yang baru dirakit menjadi hampir seperti mesin baru ketika proses selesai. Ini menjelaskan mengapa membeli mesin disel rakitan merupaka ide yang baik untuk banyak aplikasi. Hal yang memang harus dipastikan adalah bahwa penjualnya dapat dipercaya da professional dan mempunyai keahlian dan personil untuk melakukan proses ini dan menanganinya dalam detil yang sangat teliti. Dan tentunya kami di Atlanta Genset memiliki teknisi disel yang handal dan sangat berpengalaman dalam melakukan hal ini.
Kesimpulan Baru vs Bekas

Sebagai kesimpulannya, sebagaimana anda lihat, dapat dipastikan bahwa generator bekas, yang dirakit ulang dapat memberikan nilai lebih dalam hal uang dan karena itu dapat menjadi pertimbangan. Bagaimanapun dalam hal pembelian untuk industri/komersial banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan akhir.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut dan ingin berbicara mengenai hal yang spesifik untuk kebutuhan anda, hubungi kami dan kami sangat senang melayani anda.




Hotline

(021) 29459577, 0811802540, 081283140040 , 081282070763

Online Support

Switch to Desktop Version
Copyright 2015 © PT Atlanta Genset
Jasa Pembuatan Website by IKT
Whatsapps